WELCOME 2 MY BLOG

WELCOME 2 MY BLOG JANGAN LUPA FOLLOW n COMMENT ya..

Minggu, 25 November 2012

Sejarah singkat Bahasa Pemograman Java

Java berdiri pada tahun 1991 dari sebuah proyek yang diberi kode sandi green. Proyek ini dipimpin langsung oleh James Gosling dan Patrick Naughton yang bertujuan merancang suatu bahasa computer pada cable TV box. Karena elektronik tersebut tidak mencukupi banyak memori dan diproduksi oleh berbagai perusahaan yang berbeda-beda sehingga bahasa yang dihasilkan harus simple,kecil,dan multiplatform.

Pada awalnya bahasa yang diciptakaan oleh perusahaan diberi nama Oak, karena nama tersebut sudah ada yang memilikinya maka tim proyek mengganti nama Oak dengan Java. Nama Java sendiri tidak sengaja dibuat ,karena pemberian nama Java terinspirasi sewaktu tim proyek sedang meminum kopi di sebuah kedai. Maka dari itulah Java memiliki logo cangkir kopi.
Java dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

1. JSE (Java Standard Edition) : Digunakan untuk aplikasi berbasis desktop.
2. JME (Java Mobile Edition) : Digunakan untuk aplikasi berbasis small device seperti ponsel.
3. JEE (Java Enterprise Edition) : Digunakan untuk aplikasi enterprise seperti web,EJB,JNDI,SOAP,dll.

Perusahaan Java juga sudah terlibat bekerjasama dengan perusahaan lainnya seperti Oracle,Apache,IBM,Sun Microsystem yang di dalamnya terlibat sebagai pengembangan dari program Java. Program java juga dapat kita download secara free alias gratis dari situs resminya karena Java termasuk program yang Freeware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar