WELCOME 2 MY BLOG

WELCOME 2 MY BLOG JANGAN LUPA FOLLOW n COMMENT ya..

Selasa, 20 November 2012

Sekilas tentang Java Aplet

Pengertian Java Applet
Java applet adalah sebuah program kecil yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, yang diakses melalui halaman Web dan dapat di-download ke dalam mesin klien yang kemudian menjalankannya di dalam jendela penjelajah web. Java applet dapat secara dinamis menambahkan beberapa fungsi kepada halaman-halaman Web yang bersifat statis. Akan tetapi, untuk menjalankannya sebuah komputer harus memiliki program penjelajah web yang dapat menjalankan Java, seperti Microsoft Internet Explorer 4.0 ke atas, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, dan Opera.

Ketika sebuah Java applet dibuat, semua pernyataan Java yang terkandung di dalam kode sumbernya akan dikompilasi menjadi Java bytecode, yakni sebuah bahasa mesin semu (virtual engine/machine language) yang dibentuk oleh Java. Berkas yang berisi Java bytecode ini akan disimpan sebagai sebuah berkas kelas Java (Java class file) di dalam sebuah Web server, seperti halnya Apache HTTP Server atau Microsoft Internet Information Services (IIS). Sebuah halaman Web yang hendak menggunakan applet tersebut harus menggunakan tag ... di dalam kode sumber-nya. Ketika sebuah penjelajah Web milik klien melakukan request kepada halaman Web tersebut dan menemukan bahwa di dalamnya terdapat tag ..., bytecode di dalam Java class file akan dieksekusi oleh mesin semu di dalam jendela penjelajah Web, yang dapat berupa Microsoft Java Virtual Machine atau Java Runtime Engine dari Sun Microsystems.


Perkembangan Java Applet
Java Applet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1995, bersamaan dengan munculnya versi pertama dari bahasa Java. Java Applet biasa ditulis dalam bahasa Java namun dapat pula ditulis menggunakan bahasa yang lain namun dicompile menjadi Java bytecode seperti Jython.
Sesuai dengan perkembangan bahasa Java, maka package-package Java yang support Applet juga semakin banyak, pada awalnya package Java yang biasa digunakan untuk membuat Applet adalah package Applet, namun hingga saat ini terus bertambah yaitu package AWT dan package Swing.


Kelebihan serta kelemahan Applet

Java Applet memiliki kelebihan sebagai berikut:
·                     Cukup mudah dibuat dan dijalankan pada Linux, Mac OS dan OS lainnya karena Java Applet bersifat cross platform
·                     Satu jenis Applet mampu berjalan pada semua versi Java pada waktu yang bersamaan, namun bila membutuhkan plug in JRE yang baru maka harus menunggu download tersebut hingga selesai.
·                     Applet berjalan dalam sandbox, sehingga user tidak perlu mengkonfirmasi kode Applet, Applet bisa berjalan tanpa security approval.
·                     Applet di support oleh sebagian besar browser
·                     Waktu loading Applet cukup singkat
·                     Semakin sering digunakan, waktu eksekusinya semakin cepat: setelah Applet pertama dijalankan, JVM telah dimulai dan berjalan, sebuah keuntungan untuk pengguna Java
·                     Applet dapat dibuat menjadi aplikasi yang real-time
·                     Applet memindahkan perkerjaan dari server menuju klien, membuat aplikasi web menjadi lebih simple dengan lebih banyak user/klien

Java Applet memiliki kelemahan sebagai berikut:
·                     Java memerlukan JVM, yang belum tentu disediakan oleh semua web browser
·                     Applet baru bisa dijalankan ketika JVM telah berjalan, dan ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup signifikan.
·                     Lebih sulit merancang dan membangun User Interface yang bagus dengan Applet daripada menggunakan HTML.
·                     Bila security approval-nya gagal – Applet tidak memiliki akses pada sistem yang dimiliki oleh klien.
·                     Beberapa organisasi hanya mengijinkan software di-instalasi oleh administrator. Sehingga banyak user tidak bisa melihat Applet secara default.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar