Pengertian Rekrutmen
Succesful human resource planning is
designed to identify an organization’s human needs. Once this needs are
known, an organization will want to do something about meeting them. The
next step, them, in the staffing function-assuming, of course, that
demand for certain skills, knowledge, and abilities as greater than the
currwnt supply- is recruitng (Decenzo & Robbins, 1999:156)
Menurut Mathis and Jakson, perekrutan
adalah proses mengumpulkan sejumlah pelamar yang berkualifikasi bagus
untuk pekerjaan didalam organisasi atau perusahaan. Dalam arti kata,
merupakan penarikan (recruitment) adalah sebagai proses pencarian dan
pemikatan calon karyawan (pelamar) yang mampu untuk melamar sebagai
karyawan (Handoko,2001:69)
Alasan-Alasan terjadinya Rekrutmen
Gomes (2003:105) mengemukakan rekrutmen
dilaksanakan oleh organisasi disebabkan adanya lowongan dengan beraneka
ragam alasan, yaitu:
- Berdirinya organisasi baru
- Adanya perluasan (ekspansi) kegiatan organisasi
- Terciptanya pekerjaan-pekerjaan dan kegiatan-kegiatan baru
- Adanya pekerjaan yang pindah ke organisasi lain
- Adanya pekerja yang berhenti, baik dengan hormat maupun tidak dengan hormat sebagai tindakan punitive
- Adanya pekerja yang berhenti karena memasuki usia pensiun, dan
- Adanya pekerja yang meninggal dunia.
Agar kegiatan produktifitas disuatu organisasi tidak mengalami gangguan
yang diakibatkan oleh berbagai faktor, seperti yang disebutkan di atas,
maka organisasi tersebut dengan cara merekrut tenaga kerja sesuai dengan
kebutuhannya.
Teknik-Teknik Rekrutmen
Teknik-teknik rekrutmen baik disektor
publik maupun swasta, dapat dilakukan melalui cara disentralisasikan
atau didesentralisasikan, tergantung kepada keaadan (besarnya)
organisasi, kebutuhan dan jumlah calon pekerja yanh hendak direkrut
(Gomes.2003:111)
Jika rekrutmen disentralisasikan,
instansi yang mengelola sumber daya manusia itu bertanggung jawab untuk
meminta dari para manger akan perkiraan-perkiraan periodik mengenai
jumlah dan tipe pekerja-pekerja baru yang dibutuhkan diwaktu akan
datang. Instansi manajemen sumber daya manusia tingkat pusat akan
mengeluarkan pengumuman perihal lowongan kerja yang tersedia untuk
memenuhi peraturan perundangan Affimartive Action yang menghendaki
perwakilan proporsional maka setiap pengumuman pekerjaan harus
memasukkan informasi seperti:
- jenis pekerja, klasifikasi, dan besarnya gaji
- lokasi tugas (unit geografis dan organisasi)
- gambaran dari kewajiban-kewajiban kerja.
- Kualifikasi minimal
- Tanggal mulai kerja
- Prosedur-prosedur pelamaran,
- Tanggal penutup bagi
- Teknik rekrutmen yang didesentralisasikan
PT.DEMO
POWER INDONESIA |
|
|
Bergabunglah
bersama kami
Perusahaan Multinasional di bidang In-Store Communication ( website : www.omg-asia.com ) Mengajak anda yang berminat sebagai karyawan freelance ataupun full time untuk menempati posisi sebagai : BRANDS’SPOKESPERSON ( PROMOTER) • Wanita Usia Max 28 Th • Pend Min SMU/masih kuliah • Tinggi badan min 158 cm (Wanita) dengan berat badan proposional • Berpenampilan menarik dan mampu berkomunikasi dengan baik • Mampu dan berminat pada bidang sales & promotion Consumer goods
Datang
langsung ubtuk seleksi Taining Center Demopower, Jl Deplu Raya No.6
Pesanggrahan – Jakarta Selatan (dekat pizza Hut Veteran)
Hari Seni – Jumat 09.00 – 16.00 WIB PIC : Retha/08111461584/7343198 ext 104 Margaretha.singarimbun@demopowerindo.com Penempatan disesuaikan dengan tempat tinggal PT.DEMO POWER INDONESIA Golden Plaza Blok A 28-29 JL.RS Fatmawati No.15 Jakarta 12420, Indonesia Tel : (62-21) 75912488, Fax: (62-21)75912489 www.omg-asia.com |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar